Rabu, 17 Agustus 2011

Kunci Sukses Beternak Kenari



1. Sebelum Anda mulai, rencanakan terlebih dahulu. Pertimbangkan jenis burung KN mana yang Anda akan pelihara dan pikirkan dengan cermat konsekuensi yang dibutuhkannya serta jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar berkah.

2. Pikirkan sangkar dan area penempatan yang diperlukan sebelum membeli burung yang Anda inginkan. Tempat yang nyaman bagi Kenari, maka Kenari akan sangat berterimaksih kepada Anda dikemudian hari.

3. Pemberian pakan sederhana kalau Anda mengikuti secara rutin. Dengan tidak banyak jenis burung yang Anda pelihara, maka akan cukup mengenal dan memahami karakter setiap kenari , sehingga program pemberian pakan akan mudah Anda terapkan, sehingga membantu dalam memaksimalkan kesehatan dari Kenari sebagai aset Anda.

4. Beli burung dari sumber yang memiliki reputasi. Diharapkan dapat memperoleh Kenari yang dimimpikan/ diharapkan dengan harga realistis sehingga mendapatkan kenari idaman yang sesuai kemampuan kita.

5. Bergabunglah dalam Komunitas atauPerkumpulan ( seperti Paguyuban, dll). Apakah untuk memperlihatkan koleksi Anda , mendiskusikan tentang permasalahan , mendapat motivasi dan menikmati timbal balik positif dari forum tersebut.

6. Belajar berjalan sebelum Anda dapat berlari. Pepatah ini sangat mengagumkan , hendaklah memelihara burung Kenari biasa dulu sebelum berinvestasi untuk membeli burung mahal atau import agar langkah menguasai seni merawat, memaster serta permasalahan lain Kenari dapat dirasakan atau mempunyai pemikiran untuk berternak sehingga dapat mencetak keanekaragaman.

7. Kuasai seni manajemen. Manajemen diterapkan bila Anda mempersiapkan untuk sukses dalam berternak dengan melihat kebutuhan market tiap tahun dari jenis kenari.

8. Observasi. Memperhatikan Kenari yang sedang dipelihara agar mencapai kondisi puncak, atau indukan yang terbaik didalam koleksi Anda, Acungan jempol sukses akan terbayar melalui observasi. Semua hasil jerih payah Anda akan terbayar ditahun-tahun mendatang.

9. Selalu mengingat kenapa Anda memilih hobi Kenari , biasanya menyayangi Kenari karena bisa santai / relax , keluar dari aktivitas rutinitas kerja, penghilang stress , dll. Saat Anda melangkah maju bisa dipertimbangkan mengarahkan hobi Anda sebagai satu bisnis.

10. Akhirnya, ingat kita semua yang harus belajar memulai. Bahkan para Jawara, Pemenang, Master, Senior, Pakar dimulai dari langkah awal dan mereka sebagian besar telah mengalami banyak hambatan dan rintangan serta permasalahan dalam dunia perkenarian, sehingga para pemula dapat belajar lebih mudah dari mereka.

2 komentar:

  1. pak, saya mau belajar ilmu tentang breeding murai dan kenari..biar sukses seperti bapak ali

    BalasHapus

Mari Berbagi. Silahkan masukkan komentar, pertanyaan anda disini: