Murai Batu SusuhMas BF



INDUK DAN CALON INDUK MURAI BATU
SUSUHMAS BIRD FARM



Calon Pejantan SusuhMas BF
Nama : Jolly Jumper
Usia : Sekitar 8 bulan
Jenis : Murai Batu Lampung Super
Asal : Breeder di Yogyakarta

Murai ini saya dapat sepasang: jantan dan betina dari teman breeder di Yogyakarta. Saat saya beli usianya baru sekitar 2 bulan. Saya beri nama Jolly Jumper, karena lincah dan hobynya lompat-lompat. Sejak kami pelihara, ia sudah menunjukkan mental yang berani, mulai ngeriwik usia 3 bulan. kini suara cukup "receh" dan mulai ngeplong semenjak mabung pertamanya selesai (usia 5 bulan). Lagu isian cililin, kenari, prenjak, love bird mulai sering disenandungkan. Panjang ekor lumayan, ekor lebar dan lurus. Makanan jangkrik sehari saya berikan tidak dibatasai, sebanyak yang ia mau. Kroto saya berikan 2 minggu sekali. Sedangkan makanan pabrikan saya berikan voer hijau keluaran pabrik makanan ternama. Si Jolly jumper ini tidak pilih-pilih ada voer.... sikat!, ada jangkrik!.... ganyang!, ada ulat... santap!, ada kroto... apalagi!. Untuk urusan mandi, saya mandikan 2 hari sekali, kadang sehari sekali bila cuaca terasa panas. Suara crecetan lumayan keras, dan cukup kaya lagu-lagu yang dibawakan, sehingga ketika saya jemur di depan rumah, cukup membuat orang-orang yang lewat menoleh dibuatnya. Mengingat usianya yang masih sangat muda, tentu panjang juga harapan untuk membentuk murai jantan ini menjadi burung yang dapat dibanggakan. Perawatan selama ini tidak mengalami kendala. Sifatnya yang tidak "aeng-aeng" membuat kami merasa senang untuk merawat guna mempersiapkan Jolly Jumper ini menjadi Jawara, setidaknya untuk lokalan.  Sebelum masuk kandang penangkaran, si Jolly Jumper ini kami siapkan untuk mengikuti latberan lokal dulu, untuk mengasah mental. Orientasi ke depan tentunya akan diturunkan di lomba-lomba tingkat daerah sampai nasional tentunya.
Jolly Jumper saat usia 3,5 bulan















Calon Induk Betina SusuhMas BF
Nama : Jeng Jeprik
Usia : Sekitar 8 bulan
Jenis : Murai Batu Lampung Super
Asal : Breeder di Yogyakarta

Murai batu betina, Jeng Jeprik ini  adalah pasangan satu induk dan tetasan dari Jolly Jumper. Body kecil ekor lumayan panjang untuk ukuran murai betina. karakter jinak-jinak lalat. Cenderung pendiam, tetapi juka sudah melihat makanan kesukaannya yaitu jangkrik, ia akan nampak nabrak-nabrak jeruji kandang minta jatah. Pemberian jangkrik tidak saya batasi, supaya Jeng Jeprik ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, tercukupi gizinya. Sehingga perkembangan organ-organ reproduksinya dapat sempurna. Terbukti saat usia mencapai 8 bulan ini, ia sudah mulai cari-cari perhatian jika mendengar kicauan atau melihat murai jantan di dekatnya.
Kesehariannya rajin juga berkicau walau lagunya agak monoton.

 
Jeng Jeprik ini agak susah diajak foto, sehingga cuma gambar ini yang paling lumayan jelas, lainnya samar-samar akibat menghindar jika melihat kamera, agak pemalu dia !.
Jika dilihat dari bulu dadanya yang berwarna coklat terang dan pudar, saya yakin kelak ia bisa dijadikan indukan yang sayang anak dan semoga banyak anak..he..he..he !



Calon Induk Betina SusuhMas BF
Nama : Jeng Susi
Usia : Sekitar 12 bulan
Jenis : Murai Batu Medan
Asal : Breeder di Yogyakarta

Murai batu medan betina ini saya dapatkan dari seorang teman. Memiliki Ring di kedua kakinya dari Penangkar murai batu terkenal. Bodi kecil, mata melotot, suara kicauannya sangat keras dan cukup variatif untuk ukuran murai betina. Ketika pertama kali melihatnya saya langsung jatuh cinta, sehingga saya beli tanpa menawar. Ekornya cukup panjang dan melengkung untuk ukuran betina. Warna coklat di dada terang dan pudar. Penampilan tenang cenderung jinak, bahkan terakhir jika saya sandingkan dengan murai jantan akan terlihat gelisah, berkicau, dan kadang-kadang "ngeper". Dari usianya seharusnya ia sudah segera dijodohkan. Namun karena saya belum dapat pejantan yang bagus untuknya, terpaksa saya simpan. Sabar Jeng Susi !!


Soal makan Jeng Susi tidak ribet, berapapun jangkrik atau kroto yang diberikan, langsung disikat. Makanan Voer saya berikan voer hijau keluaran pabrikan ternama.
Asupan gizi memang saya jaga selalu tercukupi, supaya perkembangan organ-organ reproduksinya berjalan dengan baik, supaya kelak banyak anak ya Jeng..... !









Calon Induk Betina SusuhMas BF
Nama : Jeng Peni
Usia : Sekitar 6 bulan
Jenis : Murai Batu Medan
Asal : -

Murai batu medan betina ini saya dapat dari seorang teman, pedagang burung di Pasty Yogyakarta. Sedangkan sumbernya, ia tidak bisa menyebutkan, katanya "rahasia dagang". Karena terlambat, saya hanya mendapatkan betinanya saja, sedangkan yang jantan pasangan satu tetasannya udah laku duluan ! duh...kecewanya.
Body kecil, ekor lumayan panjang, bulu-bulu trotol masih belum hilang benar, maklum usianya mungkin baru sekitar 5-6 bulan.
Saat saya dapatkan kondisinya masih belum selesai mabung dan agak "giras", maklum karena murai betina ini hasil penangkaran dengan langsung diloloh induknya.
Jarang berkicau, mungkin karena masih dalam masa rontok bulu. Namun jika sudah berkicau saya sempat dibuat kaget, karena lumayan keras bunyinya. Makanan terutama Ekstra Fooding : jangkrik, kroto tidak saya batasi supaya perkembangannya cepat dan sehat.



Kandang Murai Batu Susuhmas Bird Farm

Kandang Ternak Susuhmas BF

Pemasteran Murai Batu














3 komentar:

  1. BERAPA GAN MURAI SATU JODOH y?

    BalasHapus
  2. Sermoga sukses para pecinta murai

    BalasHapus
  3. Om brp harga sepasang murai lampungny..
    Tlg bls gan..

    BalasHapus

Mari Berbagi. Silahkan masukkan komentar, pertanyaan anda disini: